a | Karakteristik proses Pembelajaran terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa | Proses pembelajaran di program studi memenuhi sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa |
b | Perencanaan proses pembelajaran disusun untuk setiap mata kuliah dan disajikan dalam Rencana Pembelajaran Semester atau istilah lain | Setiap mata kuliah memiliki Rencana Pembelajaran Semester (RPS) |
c | Proses Pembelajaran di setiap mata kuliah dilaksanakan sesuai Rencana Pembelajaran Semester atau istilah lain | Proses pembelajaran dijalankan sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) |
d | Proses pembelajaran yang terkait dengan penelitian mahasiswa wajib mengacu pada Standar Penelitian | Setiap kegiatan penelitian mahasiswa menggunakan kaidah dan metode ilmiah |
e | Proses pembelajaran yang terkait dengan Pengabdian kepada Masyarakat oleh mahasiswa wajib mengacu pada Standar Pengabdian kepada Masyarakat | Setiap kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh mahasiswa memenuhi pertimbangan keselamatan, kesehatan, serta keamanan |
f | Proses Pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui berbagai mata kuliah dan dengan beban belajar yang terukur | Proses pembelajaran setiap semester memiliki susunan mata kuliah yang sistematis dan terstruktur dengan beban belajar yang terukur |
g | Proses Pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib menggunakan metode Pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata kuliah untuk mencapai kemampuan tertentu yang ditetapkan dalam mata kuliah dalam rangkaian pemenuhan capaian Pembelajaran lulusan | Proses pembelajaran mata kuliah memiliki variasi metode sesuai dengan pertimbangan mana metode pembelajaran yang paling efektif |
h | Bentuk Pembelajaran dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi | Tersedia pembelajaran di luar Program Studi (lintas prodi, pertukaran pelajar, MBKM, dll) |
i | Beban belajar mahasiswa dinyatakan dalam besaran sks | Beban belajar mahasiswa telah dinyatakan dalam besaran sks |
j | Semester merupakan satuan waktu proses Pembelajaran efektif selama paling sedikit 16 (enam belas) minggu, termasuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester | Semua mata kuliah memiliki pembelajaran efektif paling sedikit 16 minggu / pertemuan |
k | Masa dan beban belajar penyelenggaraan program pendidikan paling lama 7 tahun untuk program Sarjana dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 144 sks | Setiap mahasiswa yang lulus memiliki masa belajar paling lama 7 tahun dan beban belajar minimal 144 sks |
l | Perguruan Tinggi wajib memfasilitasi pelaksanaan pemenuhan masa dan beban dalam proses pembelajaran paling lama 2 semester atau setara dengan 40 sks pembelajaran diluar program studi | Tersedia pembelajaran di luar Program Studi (lintas prodi, pertukaran pelajar, MBKM, dll) hingga 2 semester / 40 sks |
m | Bentuk Pembelajaran per 1 sks memiliki durasi 170 menit, dalam bentuk kegiatan proses belajar, penugasan terstruktur, kegiatan mandiri, ataupun praktek | Setiap mata kuliah memiliki durasi 170 menit per sks, dalam bentuk kegiatan proses belajar, penugasan terstruktur, kegiatan mandiri, ataupun praktek |
n | Beban belajar mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan mempunyai Indeks Prestasi Semester (IPS) lebih besar dari 3,00 (tiga koma nol nol) dan memenuhi etika akademik, setelah 2 (dua) semester pada tahun akademik yang pertama dapat mengambil maksimum 24 (dua puluh empat) sks per semester pada semester berikut | Mahasiswa berprestasi akademik tinggi memiliki opsi untuk mengambil maksimum 24 sks per semester |
o | UPPS memastikan peningkatan kualitas mahasiswa dengan berbagai bentuk penyelenggaraan perkualiahan | Perkuliahan bersama dosen tamu praktisi |
p | Perguruan Tinggi memastikan pelaksanaan kuliah memiliki kelas yang kolaboratif dan partisipatif | Kelas yang kolaboratif dan partisipatif |
q | Rencana Pembelajaran Semester atau istilah lain memuat berbagai metode ajar | Ketersediaan rancangan project-based-learning atau case-based-learning dalam mata kuliah |
r | Bentuk pembelajaran dapat dilakukan di luar program studi | Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus |
s | Bentuk pembelajaran dapat dilakukan di luar program studi | Kegiatan MBKM tersosialisasi ke mahasiswa |
t | UPPS melakukan penyebarluasan pemikiran yang menciptakan suasana akademik dan budaya mutu yang baik | Kampus menyebarluaskan pemikiran |
u | UPPS memastikan peningkatan kualitas mahasiswa dengan berbagai bentuk penyelenggaraan perkualiahan | Penyelenggaraan kuliah umum |
v | Perguruan Tinggi menyelenggarakan pembelajaran dalam berbagai bentuk | Penyelenggaraan seminar |