4. Renstra Institusi

Tujuan Rencana Strategis

Secara umum Rencana Strategis STT Terpadu Nurul Fikri 2021-2025 disusun dengan maksud sebagai acuan dalam mewujudkan berbagai rencana yang ingin dicapai STT Terpadu Nurul Fikri dalam lima tahun.

Rencana Strategis STT Terpadu Nurul 2021-2025 memiliki tujuan khusus sebagai berikut:

  1. Sebagai acuan resmi bagi seluruh pemangku kebijakan di lingkungan STT Terpadu Nurul Fikri dalam menentukan prioritas program kerja dan kegiatan secara terpadu dan terarah dalam kurun waktu 5 (lima) tahun.
  2. Untuk memudahkan pengelola, dosen, dan tenaga penunjang akademik di STT Terpadu Nurul Fikri dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan, serta meningkatkan program dan rencana operasional tahunan yang telah disusun.
  3. Sebagai pedoman umum bagi pengelola dan dosen STT Terpadu Nurul Fikri dalam rangka pelaksanaan proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat; sehingga menghasilkan SDM yang unggul, berbudaya inovasi, berjiwa teknopreneur, dan berkarakter religius.

Kebijakan Strategis

1. Aspek Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

Sasaran:

1. Meningkatnya pemahaman visi misi institusi

Indikator:

  • Terlaksananya sosialisasi VMTS kepada sivitas akademik
  • Terlaksananya survei visi misi institusi
  • Sivitas akademik memahami VMTS institusi

2. Meningkatnya keterbukaan/openness

Indikator:

  • Website, jurnal dan repository kampus terupdate
  • Kampus menyajikan informasi secara terbuka

2. Aspek Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama

Sasaran:

1. Meningkatnya mutu dan layanan pendidikan

Indikator:

  • Ketersediaan data untuk akreditasi
  • Ketercapaian nilai minimal cukup untuk tiap butir kriteria di akreditasi
  • Program studi berstandar nasional/ internasional

2. Meningkatnya keterbukaan/openness

Indikator:

  • Website, jurnal dan repository kampus terupdate
  • Kampus menyajikan informasi secara terbuka

3. Meningkatnya kerjasama dan kemitraan

Indikator:

  • Penambahan mitra kerjasama baru per tahun
  • Pemeliharaan kerjasama dengan mitra yang telah ada
  • Kampus bekerja sama dengan mitra kelas nasional/dunia

4. Meningkatnya mutu layanan unit kerja

Indikator:

  • Unit kerja melakukan survei layanan
  • Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI)
  • Verifikasi dokumen standar, manual dan formulir terhadap perkembangan kebutuhan institusi
  • Verifikasi dokumen organisasi dan tata kelola terhadap perkembangan kebutuhan institusi
  • Unit kerja memberikan mutu layanan prima

3. Aspek Mahasiswa

Sasaran:

1. Meningkatnya kualitas mahasiswa

Indikator:

  • Ketersediaan pedoman PMB setiap tahun
  • Kampus menyediakan beasiswa
  • Kegiatan kompetisi tersosialisasi ke mahasiswa
  • Kegiatan kompetisi diikuti oleh mahasiswa
  • Mahasiswa mendapat bimbingan dari dosen dalam kompetisi
  • Prestasi mahasiswa mendapat rekognisi masyarakat
  • Unit Kegiatan Mahasiswa aktif berkegiatan
  • Kampus mendukung kegiatan kemahasiswaan

2. Meningkatnya mutu layanan unit kerja

Indikator:

  • Unit kerja melakukan survei layanan
  • Unit kerja memberikan mutu layanan prima

4. Aspek Sumber Daya Manusia

Sasaran:

1. Meningkatnya mutu dan layanan Pendidikan

Indikator:

  • Keanggotaan dosen dalam organisasi profesi
  • Dosen berkegiatan aktualisasi dan pengembangan diri
  • Dosen berkegiatan di industri
  • Dosen berkegiatan di luar kampus
  • Dosen memiliki sertifikasi kompetensi
  • Praktisi mengajar di dalam kampus

2. Meningkatnya mutu layanan unit kerja

Indikator:

  • Unit kerja melakukan survei layanan
  • Pelatihan untuk pegawai
  • Unit kerja memberikan mutu layanan prima

5. Aspek Keuangan, Sarana, Prasarana

Sasaran:

1. Meningkatnya efektivitas dan efisiensi pengelolaan

Indikator:

  • Penerimaan dari mahasiswa
  • Penerimaan bukan dari mahasiswa
  • Administrasi dan pemeliharaan rutin
  • Renovasi perbaikan sarana dan prasarana
  • Kampus mengelola dana dan sumber daya secara efektif dan efisien

2. Meningkatnya mutu layanan unit kerja

Indikator:

  • Unit kerja melakukan survei layanan
  • Unit kerja memberikan mutu layanan prima

6. Aspek Pendidikan

Sasaran:

1. Meningkatnya mutu dan layanan pendidikan

Indikator:

  • Perkuliahan bersama dosen tamu praktisi
  • Praktisi mengajar di dalam kampus
  • Ketersediaan rancangan project-based-learning atau case-based-learning dalam mata kuliah
  • Kelas yang kolaboratif dan partisipatif
  • Kegiatan MBKM tersosialisasi ke mahasiswa
  • Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus

2. Meningkatnya kualitas diri mahasiswa

Indikator:

  • Ketersediaan kegiatan bimbingan baca Quran
  • Mahasiswa memiliki literasi kitab suci

3. Meningkatnya mutu dan penyerapan lulusan

Indikator:

  • Mahasiswa memiliki kinerja akademik yang baik
  • Mahasiswa mendapat pelatihan literasi digital atau sertifikasi kompetensi
  • Ketersediaan Job Fair atau kerjasama penyaluran lulusan
  • Lulusan mendapat pekerjaan yang layak

4. Meningkatnya penyerbarluasan pemikiran

Indikator:

  • Terselenggaranya kuliah umum
  • Terselengaranya seminar-seminar
  • Kampus menyebarluaskan pemikiran

5. Meningkatnya mutu layanan unit kerja

Indikator:

  • Unit kerja melakukan survei layanan
  • Unit kerja memberikan mutu layanan prima

7. Aspek Penelitian

Sasaran:

1. Meningkatnya publikasi ilmiah

Indikator:

  • Dosen memiliki akun Sinta dan Google Scholar
  • Dosen mendapatkan coaching penulisan karya ilmiah
  • Tulisan dosen terpublikasi dan berdampak

2. Meningkatnya kekayaan intelektual

Indikator:

  • Dosen memahami HKI dan mengetahui cara pengurusan HKI
  • Hasil karya dosen menjadi kekayaan intelektual

3. Meningkatnya mutu layanan unit kerja

Indikator:

  • Unit kerja melakukan survei layanan
  • Unit kerja memberikan mutu layanan prima

8. Aspek Pengabdian Masyarakat

Sasaran:

1. Meningkatnya kemanfaatan kegiatan pengabdian masyarakat

Indikator:

  • Dosen melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat
  • Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat dosen
  • Kegiatan pengabdian masyarakat memberikan manfaat kepada masyarakat luas

2. Meningkatnya kemanfaatan hasil karya sivitas akademik

Indikator:

  • Karya inovasi diciptakan oleh dosen
  • Masyarakat mengetahui tentang karya inovasi dan manfaatnya
  • Hasil karya dosen dimanfaatkan/ mendapat rekognisi masyarakat

3. Meningkatnya kemanfaatan social technopreneurship ke masyarakat

Indikator:

  • Rintisan social technopreneursip dibentuk oleh dosen dan mahasiswa
  • Rintisan social technopreneurship memberi manfaat kepada masyarakat luas

4. Meningkatnya mutu layanan unit kerja

Indikator:

  • Unit kerja melakukan survei layanan
  • Unit kerja memberikan mutu layanan prima

9. Aspek Luaran Capaian

Sasaran:

1. Meningkatnya kualitas mahasiswa

Indikator:

  • Kegiatan kompetisi tersosialisasi ke mahasiswa
  • Kegiatan kompetisi diikuti oleh mahasiswa
  • Mahasiswa mendapat bimbingan dari dosen dalam kompetisi
  • Prestasi mahasiswa mendapat rekognisi masyarakat

2. Meningkatnya mutu dan penyerapan lulusan

Indikator:

  • Mahasiswa memiliki kinerja akademik yang baik
  • Mahasiswa mendapat pelatihan literasi digital atau sertifikasi kompetensi
  • Ketersediaan Job Fair atau kerjasama penyaluran lulusan
  • Lulusan mendapat pekerjaan yang layak

3. Meningkatnya publikasi ilmiah

Indikator:

  • Dosen memiliki akun Sinta dan Google Scholar
  • Dosen mendapatkan coaching penulisan karya ilmiah
  • Tulisan dosen terpublikasi dan berdampak

4. Meningkatnya kekayaan intelektual

Indikator:

  • Dosen memahami HKI dan mengetahui cara pengurusan HKI
  • Hasil karya dosen menjadi kekayaan intelektual

5. Meningkatnya kemanfaatan kegiatan pengabdian masyarakat

Indikator:

  • Dosen melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat
  • Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat dosen
  • Kegiatan pengabdian masyarakat memberikan manfaat kepada masyarakat luas

6. Meningkatnya kemanfaatan hasil karya sivitas akademik

Indikator:

  • Karya inovasi diciptakan oleh dosen
  • Masyarakat mengetahui tentang karya inovasi dan manfaatnya
  • Hasil karya dosen dimanfaatkan/ mendapat rekognisi masyarakat

7. Meningkatnya kemanfaatan social technopreneurship ke masyarakat

Indikator:

  • Rintisan social technopreneursip dibentuk oleh dosen dan mahasiswa
  • Rintisan social technopreneurship memberi manfaat kepada masyarakat luas

Dokumen terkait Rencana Strategis (Renstra) STT terpadu Nurul Fikri dapat dilihat pada tautan berikut:

Rencana Strategis STT Terpadu Nurul Fikri 2021-2025